HADIAH UANG, Chelsea menempati posisi pertama

BERITA BERITA BOLA

Chelsea membintangi Kejuaraan Liga Primer dan juga Hadiah Uang

AGEN BOLA – Sebuah industri yang mampu menghasilkan ratusan bahkan miliaran poundsterling per tahunnya merupakan suatu keberhasilan yang luar biasa dan tentunya pasti di tunggu-tunggu oleh klub peserta Liga Primer tiap musimnya yaitu berupa hadiah uang dari Liga Primer Inggris.

Prize money yaitu hadiah uang yang akan di terima oleh setiap klub pada akhir musimnya. Biasanya di dapat dari beberapa sumber yaitu di antaranya merit money atau berdasarkan peringkat akhir, facility fee atau berdasarkan jumlah penampilan di tv, dan yang paling besar adalah equal share di TV alias hak siar televisi baik dalam negeri maupun luar negeroi.

Pada akhir pekan ini jumlah uang yang di terima oleh setiap klub EPL bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta poundsterling. Karena jumlahnya yang begitu mengejutkan, prize money ini bisa menjadi sumber masukan utama klub di samping dari penjualan tiket, marchandise, transfer pemain dan juga sponsor.

Chelsea muncul sebagai Champion Liga Primer yang di mana sebagai pengoleksi prize money terbanyak di tahun 2016/17 dengan total sebanyak 151juta pondsterling. Total hadiah yang di terima meningkat 50 persen dari sang pemenang tahun lalu yaitu Arsenal dengan total uang sebesar 100juta pondsterling.

Sunderland, Tim jurunya sendiri mampu mendapatkan sebanyak 93juta pondsterling yang di mana hanya selisih 7juta dari yang di raih oleh Arsenal pada tahun lalu. Anehnya di sini hanya ada tiga klub yang gagal bersaing demi uang 100juta pondsterling yaitu Sunderland, Middlesbrough dan Hull City yang ketiganya terdegradasi.

Ada juga penghuni enam besar yang mampu mendapat uang hadial minimal 140juta pondsterling. Jika di gabungkan dari seluruh klub EPL musim ini mampu mengumulkan uang hadiah 2,4milyar pondsterling.

Dari tahun ke tahun, Hadiah uang di EPL terus meningkat. Untuk perbandingan nya yang lebih jelas, Uang hadiah pada musim ini berjarak 149juta pondsterling dari hadiah uang Manchester United pada musim 1992/93. Pada saat itu merupakan musim yang menandai musim pertama era Liga Primer yang di mana United berultan sir Alex Ferguson hanya mengumpulkan uang hadiah sebesar 2,4juta pondsterling.

Pada pekan ini MU harus puas akan timnya dimana sebagai penerima uang hadiah terbesar sebanyak 141juta pondsterling yang menempati posisi kelima. Meskipun begitu Red Devils masih juga menjadi klub penerima uang hadiah terbanyak sepanjang masa. Selama 25 musim parisipasi di Liga Primer Uang hadiah yang di terima oleh MU telah menembus angka sebesar 1,01miliar pondsterling.

Pada akhirnya semakin melesetnya jumlah uang hadiah di EPL dari tahun ke tahun tidak selalu berdampak positif. Dampak negatifnya yaitu berupa banderol pemain yang semakin tidak masuk akal sehingga membuat klub-klub inggris lebih cenderung mementingkan hasil liga domestik daripada kompetisi Eropa lantaran prize money EPL lebih menggiurkan.