CARB RINSING, KEBIASAAN RONALDO MEMUNTAHKAN MINUMAN!

CARB RINSING, KEBIASAAN RONALDO MEMUNTAHKAN MINUMAN!

BERITA

AGEN BOLA – CARB RINSING – Perhelatan akbar Piala Dunia 2018 memang sudah berakhir kemarin, Minggu (15/7). Tim Nasional Perancis merebut gelar juara kembali setelah 20 tahun. Tapi ada satu hal menarik dilapangan yang bisa diulas kali ini mengenai para pemain. Para pesepak bola terlihat berkumur untuk membasahi mulut mereka. Tetapi hal yang mereka lakukan sebenarnya disebut “Carb Rinsing“.

Carb Rinsing sudah menjadi sebuah kebiasaan bagi para pesepak bola dunia. Cristiano Ronaldo hingga Messi pun sering tertangkap kamera melakukan teknik ini saat pertandingan maupun latihan.

Carb Rinsing

Carb Rinsing adalah teknik yang dipercaya dapat meningkatkan performa atlet. Dengan cara berkumur-kumur selama 5-10 detik, lalu memuntahkannya kembali alih-alih menelannya. Cairan yang digunakan merupakan larutan karbohidrat dan elektrolit, yang berfungsi untuk menambah energi serta cairan dalam tubuh.

AGEN BOLA | LIHAT JUGA: PREDIKSI PERANCIS VS KROASIA FINAL PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Hal ini dipercaya dapat memanipulasi sinyal ke otak, seolah-olah ada sumber energi yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga otot bekerja lebih keras, tanpa efek negatif seperti perut kembung atau kram karena mengonsumsi terlalu banyak cairan. Studi juga membuktikan ketika orang mengonsumsi rasa manis didalam mulut, dapat mengubah persepsi mengenai sulitnya hal yang sedang dilakukan, serta membuat tubuh terasa segar dan pikiran lebih termotivasi.

Carb Rinsing sangat tidak disarankan untuk olahraga yang memakan waktu lebih dari 1 jam. Biasanya teknik ini juga dimanfaatkan oleh pelari, dan berdasarkan studi performa atlet meningkat sampai tiga persen dan menambah jarak lari hingga 10 meter. Sedangkan untuk para pemain sepak bola terutama dalam Piala Dunia yang berlansung kurang lebih 90menit, belum ada hasil penelitian yang membuktikan efektifitas dari melakukan teknik tersebut. Para ahli pun menyarankan Carb Rinsing seharusnya tidak dilakukan, dan lebih baik untuk mengonsumsinya daripada dimuntahkan kembali.